Pertarungan Pilkada OKU, Paslon Masa Depan vs Paslon Masa Lalu, Siapa yang Akan Unggul

Jumat, 13 September 2024 WIB Last Updated 2024-09-14T02:56:19Z

Baturaja, OKU,https://barometeroku.my.id/ Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) 2024 menjadi ajang yang paling dinantikan oleh masyarakat. Dengan dua pasangan calon (Paslon) yang bertarung, yaitu Paslon Masa Depan yang diwakili oleh Yudi Purna Nugraha dan Yenny Elita Sofyan Sani (YPN-YESS), dan Paslon Masa Lalu, Kedua pasangan ini membawa visi dan misi yang berbeda, memetakan arah masa depan OKU.
Dalam deklarasi yang dihadiri ribuan pendukung, YPN, calon Bupati OKU dari Paslon Masa Depan, menyampaikan pidato yang berapi-api membakar samangat ribuat pejuang tim pemenangan YPS-YESS.
“Kami menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam atas kehadiran saudara-saudara sekalian, yang datang dari berbagai tempat untuk berkumpul di sini. Kami di sini dengan satu tujuan: memenangkan YPN-YESS dalam Pilkada OKU 2024,” ungkap YPN saat menyampaikan orasi politik. Rabu (11/9/24) di GOR Baturaja.
YPN dan Yeni Elita, wakilnya, didukung oleh kekuatan politik yang cukup signifikan, yakni 12 kursi dari koalisi partai. Partai Amanat Nasional (PAN) mengusung 8 kursi, Partai Nasdem 4 kursi, dan Partai Demokrat dengan 2 kursi, memberikan angin segar dalam perjuangan mereka untuk merebut kursi kepemimpinan OKU.
“Insya Allah, kita semua, bersama-sama, akan mengpung Kabupaten OKU untuk menghadirkan kemengan bagi kita pada tanggal 27 November 2024,” tegas YPN.


Dukungan Kuat, Perjalanan Panjang
Dikesempatan itu, YPN mengungkapkan bahwa perjalan politik tidak dating begitu saja, perjalanan politik melalui proses yang cukup panjang.
“Perjalanan politik ini melalui proses panjang, bertahun-tahun lamanya, dengan dukungan dari rekan-rekan di PAN dan sahabat di luar partai,” lanjutnya.
Perjalanan politik YPN dan Yeni Elita dipenuhi oleh tantangan dan rintangan, termasuk menghadapi proses pendaftaran yang berlangsung pada 27 Agustus 2024. Meski demikian, mereka terus bergerak di tengah masyarakat, menyampaikan gagasan, program, dan visi untuk membawa perubahan positif di OKU.


Pertarungan yang Berbeda dengan 2020
Suasana Pilkada OKU 2024 berbeda dari Pilkada 2020, di manapada Pilkada 2020 hanya ada satu pasangan calon yang bertarung, hal itu terjadi dikarnakan seluruh dukungan partai politik diborong habis sehingga harus bertrung dengan kotak kosong.
Kali ini, dengan adanya dua pasangan calon yang siap bersaing, masyarakat dihadapkan pada pilihan yang jelas, apakah mereka ingin melanjutkan pemerintahan yang dianggap mewakili masa lalu atau memilih pemerintahan yang membawa harapan baru untuk masa depan OKU.
“Kita tahu pada Pilkada tahun 2020 kemarin hanya ada satu pasang calon seluruh partai habis diborong namun pada tahun ini ada dua pasang calon. Satu pasang dengan segala situasi dan kondisi menggambarkan masa lalu, dan satu pasang adalah gambaran untuk masa depan Kabupaten OKU,” tegas YPN membakar semangat para pejuang pemenangan YPS-YESS.


Program Unggulan Paslon Masa Depan
Salah satu janji yang menarik perhatian adalah program unggulan yang ditawarkan YPN-YESS jika mereka terpilih. Fokus utama mereka adalah peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan di OKU.
“Setiap desa akan mendapatkan ambulans dan mobil operasional untuk kebutuhan masyarakat. Kami juga akan memastikan bahwa masyarakat yang tidak mampu mendapatkan BPJS secara gratis,” ungkap YPN.
Di sektor pendidikan, pasangan ini berkomitmen untuk memberikan beasiswa dan bantuan peralatan sekolah bagi anak-anak di Kabupaten OKU.
“Setiap anak bangsa di OKU berhak bersekolah dengan fasilitas yang memadai. Kami akan memberikan bantuan beasiswa dan peralatan sekolah sebagai bentuk komitmen kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini,” tambahnya.


Penanggulangan Banjir: Salah Satu Fokus Utama
Selain kesehatan dan pendidikan, masalah lingkungan juga menjadi perhatian utama YPN-YESS. Pasangan ini berjanji untuk menormalisasi sungai-sungai dan memperbaiki kondisi hutan di Kabupaten OKU guna mengatasi banjir bandang yang sering terjadi.
Banjir yang melanda wilayah Baturaja Timur beberapa waktu lalu menjadi perhatian besar bagi masyarakat setempat, dan YPN berjanji untuk menuntaskan masalah tersebut jika terpilih.
“Kabupaten Ogan Komering Ulu telah mengalami musibah besar berupa banjir bandang di Baturaja Timur. Banyak rumah warga yang tergenang air. Kami berkomitmen untuk menormalisasi sungai-sungai dan memperbaiki hutan-hutan, agar Kabupaten OKU terbebas dari ancaman banjir di masa depan,” jelasnya.


Masa Depan OKU di Tangan Rakyat
Pilkada OKU kali ini tidak hanya menjadi ajang pertarungan dua paslon, tetapi juga momentum bagi masyarakat untuk memilih masa depan daerahnya.
Paslon Masa Depan menawarkan visi yang penuh harapan dan solusi konkret untuk masalah-masalah yang selama ini menjadi perhatian warga, mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga lingkungan.
Namun, semua ini akan kembali pada keputusan rakyat OKU. Apakah mereka akan memilih untuk melanjutkan pemerintahan yang dianggap sebagai cerminan masa lalu, ataukah mereka akan memberikan kesempatan pada Paslon Masa Depan untuk membawa OKU menuju masa yang lebih cerah? Jawaban itu akan terjawab pada 27 November 2024 mendatang.
Yang jelas, YPN-YESS telah menegaskan komitmen mereka. “Kami akan terus bergerak di tengah masyarakat, menyampaikan ide dan gagasan. Kami siap mewakafkan diri kami untuk membangun Kabupaten OKU yang lebih maju dan sejahtera. Kemenangan adalah milik kita bersama, jika kita berjuang bersama,” tutup YPN dengan penuh semangat.
Pilkada OKU 2024 akan menjadi saksi sejarah. Pertarungan antara masa lalu dan masa depan, dan siapa yang akan keluar sebagai pemenang, akan segera kita ketahui. 

(***)

Terkini