Apel Gabungan Personel Bhabinkamtibmas Polres Oku, Polres Oku Timur Dan Polres Oku Selatan

Selasa, 17 September 2024 WIB Last Updated 2024-09-18T04:47:43Z

Baturaja, https://barometeroku.my.id/  Personel Bhabinkamtibmas Polres Oku, Polres Oku Timur Dan Polres Oku Selatan melaksanakan apel gabungan yang dilaksanakan di Halaman Apel Mapolres Oku. Rabu (18/09/2024) sekira pukul. 08.30 Wib.


Kegiatan apel gabungan tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Oku Akbp Imam Zamroni, S.I.K., M.H., diwakili Waka Polres Oku Kompol Yulfikri, S.H., para Kabag, Kasat, Kapolsek serta Perwira Polres Oku lainnya.


Pelaksanaan Supervisi dan Apel Gelar Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Sumsel dipimpin oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas Polda Sumsel Akbp Andi Mustadi, S.H., M.H. sekaligus membacakan amanat Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol Sofyan Hidayat S.I.K, M.M.

Dalam amanatnya apel gabungan Personel Bhabinkamtibmas ini guna pemantapan peran dan tupoksi bhabinkamtibmas dalam mendukung Pemilukada 2024 yang aman, damai dan kondusif di wilayah sumatera selatan.


Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 07 Tahun 2021 tentang bhabinkamtibmas, bahwa bhabinkamtibmas adalah anggota polri yang bertugas sebagai Pembina keamanan dan ketertiban masyarakat di desa/kelurahan/ nama lain yang setingkat.

Disebutkan tentang definisi dari keamanan dan ketertiban masyarakat atau yang disingkat dengan “ KAMTIBMAS” adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai oleh terjaminnya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum.


Serta terbinanya ketentraman yang mengandung kemampuan untuk membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah serta menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat.

Bhabinkamtibmas bertugas melakukan pembinaan masyarakat, menghimpun infomasi dan pendapat masyarakat untuk memperoleh masukan atas berbagai isu tentang penyelenggaraan fungsi dan tugas kepolisian serta permasalahan yang berkembang di masyarakat, melayani kepentingan warga masyarakat untuk sementara sebelum ditangani oleh instansi dan atau pihak yang berwenang.


Kemudian membina dan melatih petugas satuan keamanan lingkungan, menghadiri kegiatan atau keramaian yang ada di desa/kelurahan untuk menyampaikan pesan kamtibmas melakukan tugas perbantuan serta menggerakkan warga masyarakat untuk menanggulangi dan meulihkan keadaan apabila terjadi bencana alam dan bencana non alam bersama aparat dan komponen masyarakat lainnya.

Saat ini kita sedang dihadapkan dengan kondisi alam yaitu dengan musim kemarau yang sekarang masih berlangsung, ini menjadi tugas kita untuk mengingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap terjadinya kebakaran hutan, lahan dan kebun.


Selain dihadapkan dengan kondisi alam, kita juga dihadapkan dengan Pemilukada serentak 2024 yaitu pemilihan gubernur dan wakil gubernur, walikota dan wakil walikota serta bupati dan wakil bupati. Hadirnya bhabinkamtibmas ditengah tengah masyarakat memiliki peran yang penting dalam memelihara kamtibmas selama Pemilukada berlangsung agar terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

Pada kesempatan ini saya selaku Dir Binmas mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh bhabinkamtibmas yang telah melaksanakan tugas dengan keiklasan serta penuh tanggung jawab, semoga kita beserta keluarga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

(***)

Terkini